Ketua PMI Kota Padang, Zulhardi Z Latif foto bersama Ketua PMI Kecamatan usai penyerahan kendaraan operasional bermotor


Padang - 12 (dua belas) unit motor operasional diterima Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang dari Pj Walikota Padang Andree Algamar.

Diserahterimakan, Pj Walikota Padang di Aula Pertemuan, Dinas Kesehatan Kota pada Jumat (12/7/2024). 12 (dua belas) motor operasional untuk PMI Kecamatan tersebut diterima langsung Ketua PMI Kota Padang, Zulhardi Z Latif.

Zulhardi mengatakan, 12 unit sepeda motor ini melalui pokir kita yang anggaranya dititip di Dinas Kesehatan Kota Padang untuk PMI Kota Padang. Dimana nantinya per unit motor akan diserahkan kepada PMI Kecamatan.

"Jadi ada sebanyak 12 unit sepeda motor, itu gunanya untuk kendaraan operasional bagi PMI Kecamatan untuk penanggulangan bila terjadi bencana, khususnya dikecamatan mereka masing masing," katanya.

Diungkap Zulhardi, di PMI itu kerja ikhlas, dimana mereka bekerja dilapangan tanpa pamrih dan kita tidak memberikan apa apa dari kegiatan mereka di tempat terjadi bencana. 

"Apalagi mereka sudah mengorbankan tenaga, pikiran, materil dan moril, semuanya sudah dikorbankan, kan tidak salah kita memberikan apresiasi sebuah sepeda motor," ucap Zulhardi yang juga Anggota DPRD Kota Padang ini.

Ia menuturkan, bagaimana kondisi ketua PMI Kecamatan dilapangan dan meyakini mereka hanya punya satu motor dirumahnya yang dipakai untuk segala keperluan.

"Karena itulah kita berikan motor untuk operasional, supaya tidak ada lagi halangan bagi mereka untuk segera dan paling pertama hendaknya ditempat lokasi bencana," pungkas Zulhardi.

Penyerahan secara simbolis oleh Pj Walikota Padang Andree Algamar kepada Ketua PMI Kota Padang, Zulhardi Z Latif


Pj. Walikota Andree Algamar kesempatan itu menyampaikan, dengan penyerahan unit motor kepada PMI Kecamatan merupakan upaya PMI dalam mengantarkan jasa kepada masyarakat, membantu masyarakat disaat damai maupun disaat bencana.

"Sehingga bencana pun bisa diasesmen dan ini juga bentuk menunjukan PMI yang betul betul menjadi mitra stategis pemerintah membantu warga, masyarakat," ungkapnya.

Kesempatan itu Andree juga mengapresiasi Buya Zulhardi dengan Pokirnya selaku Dewan untuk mempercepat memobilisasi dalam penanggulangan bencana kedepannya.

Andree juga mengajak seluruh warga kota untuk mau berperan serta berdonor darah. Agar stok kantong darah, khususnya di pelayanan transfusi darah mencukupi.

"Kita butuh 200 kantong perhari, sementara yang masuk itu tidak sampai 70 kantong perharinya. Tentu perlu kesadaran kita semua, termasuk jajaran di ASN Kota Padang," ungkap Pj Walikota Andree.

Ia pun berharap akan mencoba rutin per 2 bulan untuk donor darah dilingkungan Pemko Padang, juga jajaran dilingkungan swasta, termasuk TNI/Polri.

"Mari kita bersama sama melaksanakan donor darah secara sukarela selaki 2 bulan. Sehingga mengurangi beban dari PMI mencari pendonor aktif seperti ini, juga saya minta kawan kawan media juga aktif mendonor," pungkas Andree.

Sementara, Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar juga mengapresiasi yang dilakukan PMI Kota Padang untuk memberikan fasilitas motor operasional dijajaran PMI Kecamatan.

"Ini yang pertama, mungkinbelum ada didaerah lainnya, Baik itu secara nasional maupun di dalam provinsi Sumatera Barat ini. Tentu harapan kita, dengan adanya kendaraan operasional di PMI Kecamatan ini akan menambah semangat sukarelaean mereka," pungkasnya. (Arman)

0 comments:

Post a Comment

 
Top