Erianto saat mengedukasi warga terkait bencana kebakaran di Kuranji


Padang - Ketua PMI Kecamatan Kuranji, Erianto meninjau rumah warga yang mengalami musibah kebakaran di Tui RT 04 RW 03, Kelurahan Kuranji, pada Senin (9/9/2024).

Saat itu Erianto untuk melakukan asesmen ke lokasi kebakaran yang terjadi pada hari Minggu tanggal 8 September 2024.

"Kunjungan ini menyampaikan tujuan asesmen kebakaran oleh Palang Merah Indonesia (PMI) adalah untuk menilai dampak, kebutuhan dan memahami sejauh mana kerusakan yang terjadi pada korban kebakaran," kata Erianto, Anggota Dewan yang baru dilantik pada Agustus 2024 lalu.

Ia menyampaikan, tujuannya adalah untuk mengetahui langsung kebutuhan mendesak korban kebakaran, termasuk kebutuhan akan makanan, air, tempat tinggal, dan pelayanan kesehatan.

Selanjutnya kata Erianto, adalah untuk membantu dalam mengkoordinasikan upaya penanggulangan bencana dengan pihak terkait lainnya, seperti pemerintah lokal, organisasi kemanusiaan, dan masyarakat setempat.

"Kami, mengumpulkan data yang diperlukan untuk pelaporan dan dokumentasi, baik untuk keperluan internal di PMI maupun untuk laporan kepada pihak terkait lainnya," ucapnya.

Erianto menerangkan, ini juga untuk menyusun rencana bantuan yang efektif berdasarkan data dan informasi yang terkumpul selama asesmen, untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Serta, mengidentifikasi faktor penyebab kebakaran dan memberikan rekomendasi untuk pencegahan di masa depan serta mitigasi risiko.

“Kami meminta agar masyarakat berhati-hati dalam meninggalkan rumah. Saat meninggalkan rumah pastikan kompor dan alat -alat yang menimbulkan panas sudah di matikan," pungkasnya.

Erianto menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, serta selalu menjaga kesehatan di tengah kondisi cuaca panas yang melanda kota Padang. Sumber (Dori)

0 comments:

Post a Comment

 
Top